Senin, 04 Maret 2013

Bangun-bangun Ruang di Alam

(MathClopedia). Para ilmuwan sains telah menemukan bahwa bangun-bangun ruang Platonik sangatlah penting artinya dalam susunan atom-atom. Semua zat terdiri atas atom-atom, sedangkan kumpulan atom yang saling terikat akan membentuk molekul-molekul. Suatu kristal garam, misalnya, terdiri atas atom-atom sodium dan klorin yang saling terikat dalam struktur suatu kubus.

Buckminsterfullerin (fineartamerica.com)
Suatu wujud karbon yang ditemukan baru-baru ini, buckminsterfullerin, mempunyai struktur yang sangat menarik. Tiap molekul dari zat ini terdiri atas 60 atom karbon yang terikat membentuk suatu bola. Struktur ini yang dikenal sebagai "bola-bucky", tampak mirip ikosahedron yang pojok-pojoknya sudah dipotong. Buckminsterfullerin diambil dari seorang pemerhati lingkungan dan arsitek yang berkebangsaan Inggris yaitu Richard Buckminster Fuller (1895-1983). 

Richard memperkirakan bahwa bangunan-bangunan yang didasarkan pada bentuk ikosahedron akan sangat kuat dan juga ringan. Para ilmuwan sains sejak itu menyadari bahwa bola-bucky memiliki kedua sifat ini. Mereka juga sudah menemukan bahwa buckminsterfullerin, dalam kondisi-kondisi tertentu merupakan "superkonduktor" yang sedikit tahanannya terhadap arus listrik. Para ahli teknik berharap dapat menggunakan superkonduktor dalam komputer yang kompak dan tangguh

0 komentar :

Posting Komentar