Senin, 04 Maret 2013

Apa itu Statistika?

(MathClopedia). Pada setiap lapangan pekerjaan, baik pemerintahan, pendidikan, perindustrian, perdagangan, maupun unsur lainnya, setiap pimpinan atau manajer akan selalu berhadapan dengan masalah atau persoalan yang antara lain dinyatakan dengan angka-angka. Dari kumpulan angka-angka ini, ia berusaha membuat kesimpulan yang dianggap atau diharapkan cukup beralasan untuk memberikan gambaran atau penjelasan mengenai persoalan itu.


Untuk dapat membuat kesimpulan itu, biasanya pimpinan atau manajer menyusun atau menyajikan angka-angka tersebut ke dalam sebuah daftar atau tabel. Orang mengatakan bahwa itu adalah statistik. Jadi, statistik adalah kumpulan fakta yang umumnya berbentuk angka yang disusun dalam daftar atau tabel, yang menggambarkan suatu persoalan.

Statistik juga dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan fakta mengenai suatu hal. Misalnya rata-rata hasil penjualan barang, persentase keuntungan, ramalan penjualan, dan sebagainya. Untuk memperoleh sekumpulan informasi yang menjelaskan suatu masalah guna menarik kesimpulan yang benar, tentu saja melalui beberapa proses pengumpulan informasi (data) dan proses pengolahan data. Kesemuanya itu memerlukan pengetahuan tersendiri yang disebut statistika.

Statistika adalah pengetahuan yang berkaitan dengan mengklarifikasi, mengorganisasi, dan menganalisis data, sehingga menghasilkan informasi yang berguna. Statistika bisa berguna untuk diterapkan dalam seni dan sains. Analisis statistika sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan modern. Statistika juga memungkinkan bagi para peneliti untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi yang mendalam mengenai situasi-situasi yang terjadi pada saat ini maupun meramalkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Statistika mulai dipelajari sejak abad ke-15, tetapi pengaruh yang signifikan baru benar-benar dirasakan dalam pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat modern. Penyebaran penyakit, pelaksanaan eksperimen-eksperimen ilmiah, industri-industri uang dan asuransi, dan pasar saham semuanya dikendalikan dan diawasi oleh teknik-teknik statistik yang rumit dan menakjubkan.

0 komentar :

Posting Komentar